Jendela Pagi
Latest Post
Loading...

Pengenalan Framework YII


Halo Penikmat Pagi, Kali ini admin akan memberikan sedikit info mengenai framework YII. Apa aja si kelebihan dan kekurangan nya & apa sih framework yii itu? Baca dengan seksama ya guys.

APA ITU FRAMEWORK YII?
Yii adalah kerangka kerja aplikasi web sumber terbuka berbasis PHP. Nama Yii singkatan dari "Yes It Is!". Seperti juga kerangka kerja PHP pada umumnya, Yii juga telah mengadopsi konsep MVC - Model, View, Controller dalam struktur pemogramanya.
Proyek pengembangan Yii dimulai sejak 1 Januari 2008 oleh Qiang Xue programer asal Tiongkok. Pada awalnya Yii dikembangkan menggunakan bahasa kerangka kerja PRADO, setelah mengalami beberapa koreksi dan penyempurnaan kurang lebih setahun, pada 3 Desember 2008, Yii 1.0 secara resmi dirilis ke publik.


Lalu apa saja Kelebihan serta kekurangan Framework ini?

Yii adalah component based high performance PHP kerangka kerja untuk mengembangkan skala besar aplikasi Web. Yii ditulis dalam OOP dan dilengkapi dengan referensi kelas menyeluruh dan tutorial yang komprehensif. Dari MVC, DAO / ActiveRecord, widget, caching, RBAC hirarkis, layanan Web, untuk tema, I18N dan L10N, Yii menyediakan hampir semua fitur yang dibutuhkan oleh saat ini pengembangan aplikasi Web. 

Kelebihan:
Yii adalah salah satu framework yang sangat ringan dan dilengkapi dengan solusi caching yang memuaskan.
Yii sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas-tinggi, seperti portal, manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, dll.
Yii didokumentasikan dengan jelas, efisien, dan kaya-fitur.


Kekurangan:

Tidak banyak kekurangan yang ditemui pada penggunaan Yii. Yii cukup mencakup segala macam fitur-fitur yang diperlukan dalam membangun sebuah web. Namun, bukan berarti Yii tidak mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangan Yii yang cukup signifikan adalah tidak compatible nya Yii dengan PHP 4.


Dari kelebihan & kekurangan YII memiliki 2 versi yaitu versi 1.1 & 2.0, berikut penjelasannya.

Versi Yii 

Yii saat ini memiliki dua versi utama yang tersedia: 1.1 dan 2.0. Versi 1.1 adalah generasi lama dan sekarang dalam mode pemeliharaan. Versi 2.0 adalah penulisan ulang lengkap dari Yii, mengadopsi teknologi dan protokol terbaru, termasuk composer, PSR, namespace, trait, dan sebagainya. Versi 2.0 merupakan generasi framework yang sekarang dan terus menerima upaya pengembangan selama beberapa tahun ke depan.


Bagaimana jika Yii Dibandingkan dengan Framework lain? 

Jika temen-temen sudah akrab dengan framework lain, mungkin temen-temen menghargai pengetahuan bagaimana Yii dibandingkan:

Seperti kebanyakan PHP framework, Yii mengimplementasikan pola arsitektur MVC (Model-View-Controller) dan mempromosikan kode organisasi berdasarkan pola itu. 
Yii mengambil filosofi bahwa kode harus ditulis dengan cara sederhana namun elegan. Yii tidak akan pernah mencoba untuk mendesain berlebihan terutama untuk mengikuti beberapa pola desain secara ketat. 
Yii adalah framework penuh yang menyediakan banyak fitur teruji dan siap pakai seperti: query builder dan ActiveRecord baik untuk relasional maupun NoSQL database dukungan pengembangan API REST dukungan caching banyak lapis dan masih banyak lagi. 
Yii sangat extensible. Anda dapat menyesuaikan atau mengganti hampir setiap bagian dari kode inti Yii. Anda juga bisa mengambil keuntungan dari arsitektur ekstensi Yii yang solid untuk menggunakan atau mengembangkan ekstensi untuk disebarkan kembali. 
Kinerja tinggi selalu menjadi tujuan utama dari Yii. 

Berikut merupakan salah satu contoh WEB yang mengunakan YII



website DIKTI Lihat
Terima Kasih telah membaca....
Silahkan kirim komentar kalian di bawah yaa ^_^

Mari berlangganan untuk menerima pembaruan email gratis dari kami:

0 Response to "Pengenalan Framework YII"

Posting Komentar