Jendela Pagi
Latest Post
Loading...

Cara Instalasi Yii Framework Versi 2 via Composer di Windows

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Halo Penikmat Pagi, Kali kita bakal membahas tentang Cara Instalasi Yii Framework Versi 2 via Composer di Windows, nah itu judul nya.
Apa itu composer??
Penjelasan lengkap nya bisa masuk ke Pembahasan Composer, nah tinggal dibuka aja bro hihi...
Oke langsung aja kita cus ke pembahasan.

Untuk pembahasan ini saya menggunakan OS Windows dan XAMPP. Installasi nya bisa langsung via zip atau via composer, namun YII sendiri merekomendasikan untuk install menggunakan composer.  Untuk Artikel lengkap nya bisa masuk ke https://www.yiiframework.com/doc/guide/2.0/id/start-installation.  Oh iya sampe lupa YII sendiri memiliki 2 template yaitu basic dan advanced berikut perbedaan nya.

Dari tabel diatas, kita perhatikan bahwa perbedaan utamanya adalah sebagai berikut:
  • Pada advanced template mendukung aplikasi web frontend dan backend. Frontend adalah aplikasi web yang akan di tampilkan untuk end user. Backend adalah aplikasi web yang berfungsi untuk administrator dalam mengelola aplikasi frontend.
  • Pada Advanced template sudah ada sistem autentikasi user yang siap untuk kita gunakan atau mudahnya, kita/user sudah bisa login dan logout tanpa kita harus membuat programnya. Pada Basic template sistem autensikasi user nya sudah ada tapi tanpa database/ pakai kode program saja.
  • pada Advanced template sudah ada atau mendukung untuk signup dan restore password user. 
  • Kalau kita perhatikan tidak terlalu banyak perbedaan antara template basic dan advanced. Tidak ada perbedaan pada inti framework (core framework), perbedaan template terletak pada struktur foldernya. Pada template advanced anda sudah memiliki backend, frontend dan common.
Frontend adalah aplikasi web yang akan ditampilkan untuk end user.
Backend adalah aplikasi web yang berfungsi untuk administrator dalam mengelola aplikasi frontend.
Common yang berisi file2 yang digunakan oleh lebih dari satu aplikasi, sebagai contoh global configuration seperti pengaturan koneksi database, atau general model seperti model user.
Oke udah kebayangkan bro, sekarang kita coba installasi nya, untuk artikel kali ini saya menggunakan template advanced, untuk basic cara install nya sama aja bro.

1. Buka command prompt [CMD].
2. Ketikan cd.. kemudian ketik cd \xampp\htdocs seperti pada gambar dibawah ini bro...

3. Lalu ketik di cmd seperti dibawah bro
php.exe composer.phar self-update
Ini berfungsi untuk update composer kita ya bro

4. Kemudian kita buat project di folder htdocs kita, misalkan nama project kita adalah advanced, karena kita install yii menggunakan template advanced [nama project advanced hanya sebagai contoh]. Kemudian ketik seperti berikut.
php.exe composer.phar create-project --prefer-dist --stability=dev yiisoft/yii2-app-advanced ../htdocs/advanced

5. Pada gambar berikut merupakan proses instalasi, ditunggu sambil ngopi bro hihi...

6. Jika sudah selesai installasi, masuk ke project kita tadi via cmd, atau bisa langsung cari file init.bat di folder advanced, kemudian klik 2 kali atau run administrator, penampakan nya seperti gambar dibawah.

7. Maksud dari gambar di atas adalah, 0 untuk development dan 1 untuk production. Jika sudah selesai maka YII2 template advanced sudah berhasil di install.

Selamat ya bro hihi, oh ini gambar penampakan yii di web browser nya

Untuk akses frontend nya ketik
localhost/advanced/frontend/web/
Untuk akses backend nya ketik
localhost/advanced/backend/web/

Oke selamat mencoba hihi

Mari berlangganan untuk menerima pembaruan email gratis dari kami:

0 Response to "Cara Instalasi Yii Framework Versi 2 via Composer di Windows"

Posting Komentar