Jendela Pagi
Latest Post
Loading...

Pengenalan Framework Laravel

Halo Penikmat Pagi, Kali ini admin akan memberikan sedikit info mengenai framework LARAVEL. Apa aja si kelebihan dan kekurangan nya & apa sih framework laravel itu? Baca dengan seksama ya bro hehe....



Sekilas tentang laravel: Laravel adalah kerangka kerja aplikasi web berbasis PHP yang open source, menggunakan konsep model–view–controller. Laravel berada dibawah lisensi MIT, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode. Nah itu basa basi nya hihi...
Apa itu PHP apa itu Open Source nanti admin buatin tulisan nya ya , oke sekarang kita bahas ni framework laravel.
Oke bro langsung aja, yang seperti kita tau laravel merupakan sebuah framework yang menggunakan konsep MVC [ model-view-controller] apa itu MVC bagaimana proses kerja nya, nih admin jelasin yang admin tau ya.

Model-View-Controller 
Dalam pemrograman berorientasi objek, MVC adalah nama dari suatu metodologi atau pola desain untuk melerelasikan suatu data dan user interface. Yang admin tau pola MVC ini di gunakan untuk rancang bangun atau membangun aplikasi berbasis dekstop, khusus nya untuk aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa C++, Java sama Smalltalk juga kalo ga salah haha, tapi yang pasti MVC itu dulu nya di rancang untuk aplikasi berbasis dekstop.Tapi  saat ini arsitektur MVC ini telah di adopsi [udah kayak anak di adopsi haha becanda] untuk aplikasi berbasis website.
Hampir semua framework untuk mengembangkan aplikasi web mengimplementasikan arsitektur MVC. Bukan hanya framework PHP, tapi framewrok untuk bahasa pemrograman lain contoh ni, Python [Djanggo, CherryPy, web2py dll] dan Ruby [ Ruby on Rails dan Sinarta] menerapkan konsep yang sama.

Mudah nya ngebayangin MVC nih admin bahas satu persatu:
Model : yang mempresentasikan semua data.
View : yang merupakan representasi keluaran [output] dari suatu model.
Controller : yaitu komponen yang bertugas mengambil masukan  [input] dari user dan mengubah nya menjadi perintah untuk model atau view.

Nih contoh alur MVC.
Diagram diatas merupakan siklus dari MVC itu sendiri

Udah ada banyangan tentang MVC? 

Berikut Kelebihan dari framework Laravel
Fitur nya bisa dibilang lengkap
Cara install nya kekinian
Komunitasnya besar
Dokumentasi nya lengkap
Serta Kekurangannya sebagai berikut
Terlalu cepat update versi
Tidak mudah dipahami untuk pertama kali

Kelebihan dan kekurangan nya bisa dicoba setelah si Laravel udah di install.

Oh iya, kalo memang ada yang niat pake ni framework, kunjungin aja langsung forum nya Forum Laravel , Kalo mau liat dokumentasi lengkap nya bisa langsung ke link ini https://laravel.com/ pilih documentation terus pilih aja mau pake versi yang berapa , kalo mau dokumentasi yang ga cuma berupa teks disini tempatnya https://laracasts.com/ .
Lengkap kan, jadi tunggu apa lagi hahaha kyk ngiklan gw

Oke sekian dulu untuk pengenalan framework laravel.
Untuk cara install laravel klik ini ya Install Laravel

Salam Morning .....

Mari berlangganan untuk menerima pembaruan email gratis dari kami:

0 Response to "Pengenalan Framework Laravel"

Posting Komentar